Presiden Joko Widodo atau yang akrab dipanggil dengan nama Jokowi meresmikan Bandungan Passeloreng dan Bendung Gilireng di Wajo, Sulawesi Selatan.

Infrastruktur yang dibuat pada tahun 2015 tersebut akhirnya sudah selesai dan sudah siap untuk digunakan.

“Bendungan Paselloreng ini menelan biaya Rp771 miliar dan sudah dilengkapi dengan Bendung Irigasi Gilireng yang akan sangat bermanfaat mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional,” kata Jokowi pada peresmian, Kamis 9 September 2021.

Jokowi menjelaskan jika Bendungan Paselloreng ini sangat besar dikarenakan kapasitasnya bisa menampung hingga 138 juta meter kubik.

Luas genangannya mencapai 1.258 hektar dan bendungannya bisa mengairi sawah hingga seluas 8.500 hektar.

Karena itulah, suplai air yang ada bisa membuat frekuensi tanam meningkat dari sekali menjadi 2 sampai dengan 3 kali. Akhirnya, produktivitas lahan menjadi meningkat serta jadi menaikkan kesejahteraan petani.

Bendungan Paselloreng ini juga memiliki manfaat untuk menjaga ketahanan air di dalamnya serta bisa mereduksi banjir.

Selain itu, bisa juga mengairi Sungai Gilereng 489 meter per detik lalu menyediakan air baku 145 liter per detiknya yang nantinya akan menampung 6 kecamatan di Wajo.

“Ini juga berfungsi sebagai konservatif yang dapat dimanfaatkan sebagai pariwisata dan memberikan alternatif pendapatan baru bagi masyarakat.” Jelasnya.

Jokowi juga berkata jika ketahanan pangan ini membutuhkan suplai air. Hal ini akan terjadi jika negara Indonesia punya banyak bendungan jadi menyediakan air yang terus menerus.

“Tahun ini akan dan sudah diselesaikan sampai Desember nanti 17 bendungan. Kita harapkan dengan bendungan ini sekali lagi menjadi ketahanan pangan bisa kita perkuat dan tingkatkan.” Ucapnya.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama dengan ibu Negara Iriana Joko Widodo bertilak menuju provinsi Sulawesi Selatan demi berkunjung kerja pada Kamis 9 September pagi.

Dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia – 1 sekitar jam 06.30 WIB melalui pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta.

Saat sudah tiba di Pangkalan TNI AU Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Presiden serta Ibu Negara nantinya akan melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Wajo naik Helikopter Super Puma TNI AU.

Di sana, presiden dijadwalkan akan meninjau kegiatan vaksinasi Covid – 19 untuk pelajar serta menyapa peserta vaksinasi lainnya dari konferensi video.

Selain itu, mereka juga akan meninjau kegiatan vaksinasi Covid – 19 di Puskesmas Wewangrewu, Kabupaten Wajo.

Di sana, kegiatan vaksinasi Covid – 19 digelar untuk masyarakat sekita Kabupaten Wajo. Setelah itu, presiden juga akan meninjau dan meresmikan Bendungan Gilireng serta Bendungan Paselloreng yang ada di Kabupaten Wajo.

Peresmian kedua acara ini nantinya berpusat di Bendungan Paselloreng, Desa Arajang, Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo.