Menjalankan usaha atau bisnis sendiri memang merupakan impian dari sebagian besar orang yang biasanya menjalankan kehidupan sebagai karyawan bagi suatu persahaan milik orang lain.

Karena faktor kebebasan waktu dari padatnya jam kerja yang menjauhkan dari keluarga, maupun karena peluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar dan kehidupan yang lebih baik.

Namun, kenyataannya tak semudah itu dan banyak dari mereka yang mencoba berbisnis sendiri harus berhenti di tengah jalan karena berbagai sebab.

Mulai dari kehabisan modal, penjualan yang sedikit, serta kesulitan menghadapi pelanggan dan kesulitan mengefisiensikan produksi.

Banyak pebisnis yang memulai suatu usaha hanya karena imingan prospek keuntungan yang menggiurkan.

Namun tak sepenuhnya paham mengenai seluk beluk dari produk apa yang dijual dana pa yang mempengaruhi keputusan pembeli dari calon pembeli.

Tak sedikit juga dari mereka yang gagal karena kesalahan dalam mengelola uang baik yang didapat dari pemodal, pendapatan usaha, serta biaya produksi dan operasional yang harus dikeluarkan secara rutin.

Kesalahan – kesalahan ini disebabkan oleh bebrapa faktor namun yang utama adalah mental dan kebiasaan serta kurang disiplinnya pebisnis dalam menjalankan usahanya.

Nah, untuk kalian yang saat ini sedang berencana membuka sebuah bisnis sendiri, ada beberapa tips yang harus kalian perhatikan.

1.Persiapkan Mental, Tentukan Usaha Serta Sumber Modal

Persiapkan Mental, Tentukan Usaha Serta Sumber Modal

Hal utama yang harus kalian lakukan adalah menyiapkan metal menjadi mental seorang pebisnis yang biasanya masih belum dilakukan karena kebanyakan masih terbawa dengan mental pekerja atau karyawan yang selama ini dijalani.

Keunggulan dari menjalankan usaha sendiri adalah adanya kebebasan waktu namun bukan berarti kalian bisa bangun siang atau sore, jualan seadanya, lalu bisnis kalian akan sukses dengan sendirinya.

Melainkan, kalian harus memiliki mental tangguh karena nasib keuangan kalian saat itu akan ditentukan oleh seberapa tangguh kalian dalam menjalani usaha.

Selanjutnya, kalian harus memastikan dan mementukan usaha apa yang kalian ingin jalankan dan sebaiknya sesuaikan dengan keahlian, minat, ataupun hobi yang kalian punya sehingga lebih nyaman saat menjalankan usaha.

Tentukan pula siapa yang akan menjadi sumber modal utama untuk kegiatan usaha yang akan kalian lakukan itu. Apakah modal sendiri atau modal milik orang lain, atau pinjaman dari bank.

Sebaiknya disesuaikan juga dengan prediksi penjualan atau forecasting yang sudah kalian lakukan terhadap keiatan usaha yang akan dijalani sehingga kalian tak akan dibebani dengan membayar cicilan pinjaman setiap bulan misalnya aau kewalahan saat harus mengembalikan modal yang jatuh tempo.

2.Tentukan Target Pasar, Harga Jual, dan Kompetitor

Tentukan Target Pasar, Harga Jual, dan Kompetitor

Tips usaha yang sukses selanjutnya adalah menentukan siapa yang akan kalian jadikan sebagai target pasar alias prospek pelanggan kalian.

Kalian bisa menentukannya dari jenis kelamin, rentang usia, hobi, kegemaran, hingga hal – hal lain yang akan mempengaruhi keputusan pembelian.

Tentukan juga berapa harga jual atas produk atau jasa yang akan kalian tawarkan dari kegiatan usaha kalian, disesuaikan dengan berapa harga pasaran, daya beli konsumen, harga dari competitor, dan lain – lain.

Selanjutnya, kalian harus mempelajari siapa saja yang menjadi competitor kalian, baik itu kompetito langsung yang menjual produk atau jasa sejenis, maupun competitor tidak langsung yang menjual produk atau jasa yang mempu mensubtitusi produk atau jasa yang kalian tawarkan.

Perdalam juga ilmu mengenai usaha yang kalian jalankan. Kalian tak boleh berhenti belajar apalagi mengenai usaha yang kalian jalankan demi mencari metode yang paling efektof an efisien dalam menjual, memproduksi, serta apakah ada potensi teknologi baru yang digunakan.

3.Buat Perencanaan Bisnis

Buat Perencanaan Bisnis

Tentunya dalam memulai usaha kalian harus membuat suatu rencana bisnis atau business lan dari usaha yang akan dijalani, yang biasanya berisikan deskripsi mengenai usaha, visi misi, harga jual, dan perkiraan berapa lama kalian akan balik modal.

Berkaitan dengan perencanaan, kalian juga harus membuat visi misi yang jelas atas kegiatan usaha yang kalian lakukan.

Dimana visi lebih berupa kalimat singkat yang menggambarkan tujuan anda, sementara misi merupakan poin-poin yang lebih mendetail mengenai tujuan dari usaha anda dan kontribusinya terhadap lingkungan serta masyarakat sekitar.

Nah, itulah beberapa tips yang harus kalian perhatikan sebelum kalian membuka dan membangun sebuah bisnis sendiri. Semoga bermanfaat.